5 Kombinasi Sayur dan Buah Dalam Meningkatkan Kesehatan Tubuh

5 kombinasi sayur dan buah dalam meningkatkan kesehatan tubuh
Kombinasi makanan dari sayuran dan buah-buahan mampu menghasilkan nutrisi yang lebih baik. Mengkombinasikan kedua bahan makanan tersebut adalah cara terbaik untuk mendapatkan nutrisi maksimal dari makanan yang kita konsumsi.

Sebetulnya sejumlah nutrisi tertentu dapat bekerja lebih baik di dalam tubuh bila dikombinasikan dengan nutrisi lainnya. Dan untuk memiliki hasil terbaik tersebut apa yang harus kita lakukan? Ketahui jawabnya di bawah ini.

Tomat dan Alpukat

Buah tomat mengandung likopen, dan likopen ini mampu diserap baik oleh usus bila dikombinasikan dengan lemak sehat, seperti yang ada dalam alpukat. Likopen adalah antioksidan yang akan pigmen, dikenal juga dengan karotenoid yang bisa membantu mengurangi penyakit kardiovaskular dan risiko kanker.

Untuk mendapat manfaat tersebut, penting untuk tubuh kita mengonsumsi sumber lemak sehat sembari makan makanan yang kaya akan likopen, ini bertujuan untuk menguatkan pemanfaatan antioksidan secara utuh dalam kombinasi makanan ini.

Buncis dan Akar Bit

Buncis kaya akan vitamin B, seperti vitamin B6, dan akar bit merupakan sumber magnesium yang sangat baik. Lalu apa hubungannya kedua nutrisi tersebut? Vitamin B6 mampu membantu tubuh menyerap magnesium, dan kombinasi kedua bahan makanan ini juga bisa membantu tubuh mengatasi PMS, ADHD dan autisme.

Lemon dan Teh Hijau

Katekin adalah antioksidan dalam teh hijau yang bisa membantu membersihkan kanker. Telah terbukti bahwa menambahkan sesuatu yang asam ke dalam teh hiaju, seperti jeruk, dapat membantu meningkatkan jumlah katekin yang dapat diserap tubuh.

Faktanya, penyerapan maksimal katekin oleh tubuh ditemukan ketika teh hijau dikombinasikan dengan air perasaan jeruk, atau jerus nipis, atau lemon. Jadi, bila kamu konsumsi teh hijau jangan lupa tambahkan perasaan jeruk segar ke dalam secangkir teh hijau.

Brokoli dan Tomat

Periset di Universitas Illinois menemukan bahwa kombinasi brokoli dan tomat memiliki kemampuan untuk mengurangi pertumbuhan tumor terkait kanker. Karotenoid pada tomat membantu meningkatkan komponen bioaktif (alias selenium) pada brokoli, dan menghasilkan manfaat yang bisa mencegah kanker.

Jadi, kombinasi ini sangat disarankan karena akan jauh lebih baik dalam memperlambat laju pertumbuhan kanker, utamanya kanker prostat.

Lemon dan Kubis Keriting

Zat besi dalam sayuran dapat lebih mudah diserap bila dikombinasikan dengan vitamin C, menurut ahli gizi Stacy Kennedy dari Dana Farber Cancer Institute. Vitamin C dapat mengubah zat besi dari tanaman menjadi bentuk yang mirip dengan zat besi yang ditemukan pada daging dan ikan.

Kombinasi lemon dan kale mampu menguatkan penyerapan tiap butir zat besi dalam kubis keriting. Untuk sumber vitamin C tidak melulu jeruk, stroberi, dan sayuran seperti paprika merah, brokoli, dan tomat juga bisa jadi pengganti.

Demikianlah mengenai kombinasi sayuran dan buah untuk meningkatkan kesehatan tubuh, tepatnya dalam meningkatkan penyerapan nutrisi oleh tubuh.

Sumber: livelovefruit.com
Sumber gambar: Gerrit Devinck @ flickr.com

0 Response to "5 Kombinasi Sayur dan Buah Dalam Meningkatkan Kesehatan Tubuh"

Posting Komentar